DTKJ ditugaskan untuk mempelajari transportasi penyandang disabilitas

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) diminta melakukan kajian sosialisasi angkutan umum bagi penyandang disabilitas bekerja sama dengan Dinas Pendidikan.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Perhubungan DKI Jakarta Sunardi M. Sinaga dalam sambutannya di acara DTKJ Awards, Selasa (1 Desember 2020).

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

“Ini harus diperiksa oleh DTKJ (saat itu) yang akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Bisa jadi sangat bagus,”

kata Sunardi, mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dengan cara ini, penyandang disabilitas dapat memahami penggunaan sarana dan prasarana umum, khususnya transportasi, di usia muda.

Menurut Sunardi, hal ini tentu akan memudahkan mereka untuk lebih mandiri menggunakan transportasi umum seiring bertambahnya usia.

Selain itu, Sunardi meminta DTKJ untuk memastikan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas disiapkan lebih efektif dan tepat sasaran, mis. B. Lokasi dan pengguna.

Baca juga: MRT Jakarta Raih DTKJ Awards 2020

Dikatakannya, tidak boleh ada lokasi yang tidak menggunakan sarana dan prasarana penyandang disabilitas.

“Jangan sampai di tempat lain yang (seharusnya) dipakai, malah tidak ada fasilitasnya. Tolong dipetakan lagi ini,” lanjut Sunardi.

Selain itu, pelayanan publik perlu secara konsisten dikerahkan, dikembangkan dan mampu memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas.

Sunardi mengatakan, pengembangan pelayanan publik perlu dilakukan karena setiap saat harus berubah.

DTKJ juga diminta untuk meminta pendapat seluruh masyarakat penyandang disabilitas untuk mengetahui apa yang mereka keluhkan atau apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Setelah itu, DTKJ dapat meneruskan hal ini kepada Pemprov DKI Jakarta

untuk menerbitkan pedoman negara bagi penyandang disabilitas.

“Jika kita tidak mengetahui masalah (penyandang disabilitas) maka sangat sulit untuk menghasilkan kebijakan yang dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut,” pungkas Sunardi.

LIHAT JUGA :

indonesiahm2021.id
unesa.id
unimedia.ac.id
politeknikimigrasi.ac.id
stikessarimulia.ac.id
ptsemenkupang.co.id